R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Cari Blog Ini

Report Abuse

5 Cara Menggunakan Grup Facebook Untuk Pemasaran Bisnis


5 Cara Menggunakan Grup Facebook Untuk Pemasaran Bisnis

Setiap bisnis sudah tahu tentang manfaat pemasaran media sosial. Meskipun mengembangkan profil media sosial dapat dilakukan dalam hitungan menit, tantangannya dimulai dengan mengelola kehadiran online merek secara hati-hati untuk memasuki sebagian besar pasar dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Untuk itu, media sosial seringkali membutuhkan percakapan dua arah yang interaktif. Jadi, bagaimana merek dapat memanfaatkan media sosial dengan baik untuk mengembangkan hubungan yang akan berubah menjadi pelanggan? Grup Facebook.

Pikirkanlah, Tidak ada jejaring sosial besar lainnya (YouTube, TikTok, Instagram) yang memiliki fitur komunitas aktif jenis ini yang dapat Anda buat dengan mudah untuk merek Anda. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika menggunakan Grup Facebook dapat membantu bisnis Anda menarik audiens potensial dan mendapatkan loyalitas dari pelanggan yang sudah ada. Karena itu, Anda harus memiliki strategi yang baik dalam mengelola Grup Facebook Anda secara efektif karena keterlibatan tidak mudah.

Sebelum kami melanjutkan ke Grup Facebook kami untuk saran bisnis, memusatkan sekelompok pelanggan di sekitar merek Anda untuk membangun komunitas interaktif bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan pola pikir kolaborasi dan inklusi yang berbeda yang perlu Anda pastikan sebagai bagian integral dari Grup Facebook Anda sebagaimana seharusnya menjadi tempat kerja Anda. Sebelum meluncurkan grup, Anda mungkin ingin memastikan bahwa pengelola komunitas Anda dan orang lain yang mengelola grup telah mengikuti pelatihan keragaman dan inklusi yang memprioritaskan kesejahteraan pelanggan modern secara keseluruhan.

Sekarang mari kita beralih ke saran kami. Jika Anda ingin membangun Grup Facebook yang luar biasa dalam memasarkan bisnis Anda, poin-poin berikut dapat membantu Anda:

1. Aktif Mendorong Diskusi

Buat anggota Grup Facebook Anda berbicara dengan secara aktif berbagi diskusi yang relevan dengan niche merek Anda. Strategi ini tidak hanya meningkatkan lebih banyak aktivitas di grup Anda, tetapi juga meningkatkan kemungkinan posting Anda muncul di umpan anggota Anda.

Misalnya, jika grup Anda terbuka untuk umum, saat anggota Anda meninggalkan komentar, kenalan mereka di Facebook mungkin melihat aktivitas komentar mereka di umpan mereka dan mengunjungi grup Anda karena penasaran. Minimal, mereka mungkin melihat pemberitahuan jika salah satu teman mereka memposting ke grup tempat mereka menjadi anggota. Meskipun Anda tidak mendapatkan aktivitas viral, Anda perlu secara aktif mendorong partisipasi untuk menciptakan komunitas yang benar-benar mandiri dan menarik.

Berikut adalah cara untuk memulai diskusi di Grup Facebook.

Tanyakan kepada anggota Grup

Informasi yang ingin Anda terima dalam meminta pengguna menyertakan jenis konten yang ingin mereka lihat di grup Anda secara teratur. Dengan mengajukan pertanyaan, Anda dapat lebih memahami apa yang dibutuhkan pelanggan Anda. Selain itu, informasi yang Anda kumpulkan akan membantu Anda mempelajari apa yang disukai dan tidak disukai konsumen Anda saat ini tentang penawaran produk Anda.

Tanyakan pendapat anggota tentang kampanye pemasaran baru

Jika Anda berencana meluncurkan kampanye pemasaran baru di saluran lain, Anda dapat meminta saran dari anggota Grup Facebook Anda. Strategi ini akan membuat konsumen Anda merasa seperti mereka adalah bagian dari perusahaan saat mereka mendapatkan "informasi orang dalam".

Perintah pasca-pengisian-kosong (Post-fill-in-the-blank)

Memberikan pos isian yang kosong akan membuat anggota Anda terus menebak-nebak. Saat mereka menemukan petunjuknya, mereka harus berhenti sejenak untuk memikirkan kemungkinan jawaban. Metode ini akan membantu anggota Anda mengikat permintaan menarik Anda dengan merek Anda, meningkatkan retensi pelanggan. 

Ajukan pertanyaan terkait rasa terima kasih Di dunia yang penuh dengan negativitas dan kekacauan, sedikit taburan konten inspirasional harian dari merek favorit seseorang sangat membantu. Untuk mencerahkan hari-hari audiens Grup Facebook Anda, Anda dapat membuat permintaan terkait rasa terima kasih. Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin termasuk:

  • Apa yang kamu syukuri hari ini? 
  • Siapa yang paling Anda kagumi dalam hidup Anda?
  • Apa yang membuat kamu tersenyum hari ini?
  • Dan Apa produk favorit Anda dari merek tersebut? 

Tawarkan sesi tanya jawab langsung

Cara lain untuk mempromosikan interaksi aktif dalam Grup Facebook Anda adalah dengan melakukan sesi Tanya Jawab (Tanya Jawab) langsung melalui siaran Langsung Facebook ke Grup Anda. Format ini memungkinkan Anda untuk menemukan topik tertentu saat Anda menjawab pertanyaan anggota Anda. 

Peserta Tanya Jawab mungkin tertarik untuk mendapatkan detail penting tentang perusahaan Anda seperti informasi umum tentang merek Anda, langkah-langkah dalam membeli produk dari situs web Anda, detail tentang cara memanfaatkan diskon produk tertentu, dan proses pembuatan produk tertentu.

Mengidentifikasi topik tertentu memungkinkan Anda mengendalikan sesi Facebook Group Live. Tanpa menentukan tujuan Tanya Jawab yang jelas, peserta dapat mengajukan pertanyaan yang mungkin tidak dapat dijawab oleh tuan rumah secara langsung.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi ini, lakukan penelitian tentang kapan anggota Anda paling aktif untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan lebih banyak penayangan di konten Anda. Teknik ini akan memberi anggota Anda sesuatu untuk dinanti-nantikan saat Anda tetap berpegang pada kalender konten posting media sosial.

Selain itu, secara aktif terlibat dalam diskusi di Grup Facebook Anda membawa lebih banyak hiburan kepada pemirsa Anda, menambah pengalaman positif anggota Anda dengan merek Anda.

Dengan secara aktif menanggapi dan mengajukan pertanyaan dari audiens Anda, Anda akan memiliki pengetahuan yang tepat tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda. Selain itu, Anda dapat menawarkan bantuan dari produk dan layanan merek Anda, yang membantu meningkatkan loyalitas pelanggan yang ada. 

Keterlibatan dalam Grup Facebook Anda adalah aset utama dalam memasarkan merek Anda. Grup Anda akan penuh dengan angka-angka kosong tanpa secara aktif terlibat dengan audiens Anda. Lebih dari itu, upaya pemasaran Grup Facebook Anda akan sia-sia jika Anda tidak dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda.

2. Gunakan Format Konten Interaktif

Karena Anda baru mulai menjelajahi manfaat menggunakan Grup Facebook untuk pemasaran bisnis Anda, Anda dapat bereksperimen dengan format konten interaktif baru untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda saat ini. Metode ini akan membantu Anda menentukan jenis konten apa yang paling menarik audiens Anda.


Memanfaatkan fitur unik Facebook ini akan membuat anggota Grup Facebook Anda bersemangat karena mereka akan memiliki sesuatu untuk dinantikan.

Berikut adalah berbagai format untuk dijelajahi:

Karena Anda baru mulai menjelajahi manfaat menggunakan Grup Facebook untuk pemasaran bisnis Anda, Anda dapat bereksperimen dengan format konten interaktif baru untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda saat ini. Metode ini akan membantu Anda menentukan jenis konten apa yang paling menarik audiens Anda.

Pemilihan (Poll)

Jajak pendapat Grup Facebook memungkinkan Anda meningkatkan lalu lintas ke situs web merek Anda saat Anda mendorong anggota Anda untuk membagikan jajak pendapat dengan teman-teman Facebook mereka. Karena membuat jajak pendapat dikatakan dapat meningkatkan keterlibatan secara keseluruhan, teknik ini membantu Anda mengalahkan algoritme umpan berita tanpa iklan berbayar.

Survei

Sama seperti jajak pendapat, survei dapat membantu Anda meningkatkan keterlibatan anggota dalam Grup Facebook Anda.

Memanfaatkan survei akan memberi Anda informasi yang lebih baik tentang mengapa preferensi pasar Anda saat ini berubah. Dengan formulir survei yang ditautkan ke pos Anda, Anda mempelajari apa yang dibutuhkan pasar Anda saat ini, membantu Anda mengembangkan produk lebih lanjut dan meningkatkan layanan pelanggan.

Ulangan

Cara lain yang sangat baik untuk meningkatkan keterlibatan adalah dengan berbagi kuis. Untuk membuat teknik ini berhasil, Anda harus memberikan insentif yang spesifik dan menarik untuk membuat mereka ingin mengklik tautan kuis.

Memposting salah satu format konten yang disebutkan di atas diyakini sebagai cara tercepat bagi bisnis untuk mendapatkan informasi tentang audiens mereka karena keterlibatan terjadi hampir seketika.

3. Manfaatkan Konten Visual

Menggunakan konten visual dalam pemasaran dianggap sebagai bantuan besar bagi pemilik bisnis yang ingin terlibat dan terhubung dengan audiens target mereka. Konten visual sangat penting dalam mengkomunikasikan pesan branding dan iklan Anda ke target pasar Anda. Karena pengguna Facebook melihat banyak gambar saat mereka mengunjungi platform, pemasar media sosial perlu meningkatkan strategi pemasaran konten visual mereka.

Konten kutipan secara efektif membujuk pelanggan target Anda karena mereka umumnya menginginkan konten yang bermakna dan interaktif. Karena media sosial adalah tentang bersahabat dengan pengguna lain, audiens Anda biasanya menginginkan posting dari akun profesional yang inspiratif, penuh harapan, menghibur, dan yang paling penting, lucu. Jadi, membuat gambar grafis adalah cara lain untuk meningkatkan keterlibatan aktif Grup Facebook.

Berikut adalah tips dalam membuat konten visual yang pasti akan mendapatkan keterlibatan Grup Facebook yang tinggi:

Manfaatkan konten buatan pengguna lain

Kiat pertama mungkin terdengar kontra-intuitif, tetapi terlalu mempromosikan diri sendiri dengan konten Anda mungkin membuat orang menjauh dari Grup Anda. Itulah mengapa Anda harus mencoba memanfaatkan konten buatan pengguna dari penggemar Anda sebanyak mungkin.

Untungnya, TikTok, Instagram, Twitter, dan bahkan Facebook memberi Anda banyak peluang untuk menemukan orang membicarakan merek Anda dan meminta izin untuk memposting konten mereka di grup Anda. Ini adalah win-win yang fantastis untuk mendapatkan konten visual yang bagus untuk Grup Anda sambil mempromosikan kehadiran Grup Anda kepada mereka yang sudah membicarakan Anda.

Lakukan riset untuk mendapatkan kutipan yang paling sesuai dengan audiens Anda Penggunaan kutipan visual adalah taktik yang sangat baik untuk meningkatkan keterlibatan di Grup Facebook Anda. Tetapi memilih kutipan acak yang tidak relevan dengan merek Anda mungkin berisiko. Akibatnya, Anda harus memastikan bahwa Anda memposting pilihan yang tepat yang paling mendukung citra merek Anda.

Sering Menggunakan Gambar Testimonial

Bisnis harus memanfaatkan Grup Facebook untuk meninggalkan kesan yang baik pada audiens. Setelah calon konsumen melintasi Grup Anda, mereka mungkin akan skeptis terhadap merek Anda jika perusahaan tidak menjanjikan pengalaman pengguna yang positif. Jadi, untuk membangun lebih banyak kepercayaan dengan audiens Anda, coba sertakan gambar testimonial pelanggan sebagai bagian dari konten Anda.

Dedikasikan Pos Visual Tentang Anggota Anda Yang Paling Aktif

Salah satu cara hebat untuk mempertahankan anggota Grup Facebook Anda adalah dengan menunjukkan penghargaan yang tulus.

Contohnya, Anda dapat memposting shoutout ke anggota Anda yang paling aktif dalam seminggu. Selain itu, anggota Anda akan memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan selama seminggu penuh. Jika mereka secara aktif terlibat dalam Grup Anda, mereka mungkin menerima posting dedikasi lain kali. Menerapkan strategi ini dapat meningkatkan motivasi anggota Anda untuk tetap aktif dalam diskusi harian Anda.

Dedikasikan gambar visual untuk menyambut anggota baru Anda

Anda dapat mengharapkan pendatang baru membanjiri halaman saat Anda menghabiskan lebih banyak waktu mengelola Grup Facebook Anda. Karena anggota baru tidak cukup tahu tentang Grup, Anda harus memandu mereka secara teratur saat mereka beralih di halaman Anda. Yang mengatakan, Anda dapat menyebutkan pendatang baru di posting baru dengan mengulangi apa yang dapat mereka harapkan di Grup Facebook Anda.

Meskipun konten video masih meningkatkan keterlibatan merek secara keseluruhan, strategi ini jarang mempertahankan perhatian anggota Anda. Karena sebagian besar bentuk konten visual hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 detik bagi audiens Anda untuk membaca teks, Anda dapat dengan mudah mempertahankan perhatian mereka.

Karena membaca konten visual hanya membutuhkan sedikit komitmen, teknik ini akan membantu anggota Anda menjadi lebih aktif terlibat. Interaksi yang Anda peroleh dari penggunaan konten visual akan memberi bisnis Anda lebih banyak kesadaran merek dan visibilitas online bila digunakan secara strategis.

4. Berikan Dukungan Pelanggan yang Mudah Diakses

Grup Facebook dikatakan unik karena kemampuannya untuk mengumpulkan orang, suatu prestasi yang tidak dapat ditiru oleh sebagian besar platform media sosial lainnya.

Dengan membangun Grup Facebook untuk meningkatkan pemasaran media sosial Anda, Anda menciptakan komunitas virtual yang sangat terlibat di sekitar produk dan layanan Anda. Yang mengatakan, jika kampanye pemasaran Grup Facebook Anda berhasil, Anda dapat dengan cepat mengubah pelanggan setia Anda menjadi pendukung merek yang akan membantu memperluas upaya pemasaran Anda.

Di sinilah dukungan pelanggan secara langsung membantu pemasaran Anda.

Karena konsumen secara aktif berkomunikasi di media sosial, bisnis harus membangun upaya layanan pelanggan sosial, termasuk di Grup Facebook. Jika Anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah konsumen atas platform ini, pengalaman positif ini dapat menumbuhkan basis penggemar pelanggan yang setia. Untuk mempertahankan dukungan pelanggan yang cepat dan responsif, Anda harus memastikan bahwa pasar Anda dapat dengan mudah menjangkau platform Anda.

Karena Anda sudah tahu bahwa memelihara Grup Facebook interaktif membutuhkan banyak usaha dan komitmen, Anda harus memeriksa kembali kinerja admin Anda. Jika Anda mulai menggabungkan teknik dukungan pelanggan yang terkenal, tunjuk administrator Grup Facebook yang dengan cepat menanggapi pertanyaan, kekhawatiran, dan sejenisnya dari anggota grup untuk memulai.

Banyak konsumen sekarang beralih ke media sosial dengan harapan mereka akan menerima layanan pelanggan yang lebih cepat. Dengan demikian, respons cepat sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang positif.

Jika Anda memiliki banyak aktivitas dan melihat peningkatan ROI, Anda dapat menambahkan beberapa admin untuk mengelola Grup Facebook Anda secara efektif. Dengan mengalihdayakan lebih dari satu manajer Grup Facebook untuk membantu, Anda dapat mendelegasikan tugas layanan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan anggota grup Anda.

5. Bermitra dengan Influencer untuk Mempromosikan Merek

Berkolaborasi dengan influencer, mengapa tidak mengundang mereka ke Grup Facebook Anda di mana mereka dapat membantu menghidupkan aktivitas dengan konten dan keterlibatan mereka?

Kehadiran influencer di grup Anda, terutama jika mereka dikenali oleh beberapa anggota Grup Anda yang lain, dapat membawa bukti sosial yang belum pernah terjadi sebelumnya dan manfaat lain untuk upaya pemasaran Anda.

Selanjutnya, saat influencer mengiklankan merek Anda di cerita, pos, dan sejenisnya di Grup Facebook Anda, basis penggemar mereka yang ada secara alami akan tertarik pada merek dan penawaran Anda.

Diyakini bahwa pengikut mempercayai kredibilitas dan selera influencer media sosial. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan pennguna aktif di Grup Facebook Anda, bermitralah dengan influencer media sosial dengan pengikut yang mapan dan sangat aktif.

Takeaway Kunci di Grup Facebook untuk Bisnis

Karena konsumen terus berduyun-duyun ke beberapa platform jaringan media sosial online, bisnis harus mengikuti kemana target pasar mereka pergi. Meskipun ada banyak desas-desus tentang TikTok dan Instagram, membuat Grup Facebook untuk bisnis Anda meningkatkan keterlibatan merek secara keseluruhan di jejaring sosial terbesar dari semuanya. 

Dan jika media sosial adalah tentang mengembangkan hubungan, menginvestasikan anggaran pemasaran Anda ke dalam kehadiran Grup Facebook akan menuai manfaat jauh melampaui apa yang dapat dilakukan oleh publikasi konten organik apa pun.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment