Tips Keamanan Listrik Teratas

Tips Keamanan Listrik Teratas

Barang-barang listrik perlu dirawat dengan tingkat kehati-hatian tertentu untuk memastikan keselamatan Anda dan orang yang Anda cintai. Sebuah kecelakaan listrik berpotensi menyebabkan berbagai kecelakaan atau bahkan dapat menyebabkan kebakaran di dalam rumah. Berikut adalah enam tips keselamatan listrik:

1) Hindari membebani soket secara berlebihan. Idealnya, Anda ingin menggunakan soket terpisah untuk setiap steker atau alat yang ingin Anda gunakan Sewa Genset Jakarta. Jika Anda menggunakan salah satu kabel ekstensi atau adaptor, Anda ingin memastikan total colokan yang digunakan dengan satu adaptor tidak mungkin melebihi nilai keluaran yang ditentukan untuk adaptor itu.

2) Gunakan perangkat arus perumahan. Dengan memasang RCD, Anda dapat dengan mudah mencegah guncangan dan memutus aliran listrik jika diperlukan. Banyak dari perangkat ini dimaksudkan untuk dipasang ke kotak sekering, meskipun Anda juga memiliki opsi untuk unit portabel.

3) Pastikan soket, steker, dan kabel selalu dalam kondisi perbaikan yang tinggi setiap saat. Jika Anda mulai melihat tanda-tanda robek atau aus, atau hal serupa yang mungkin menunjukkan tanda-tanda kerusakan, Anda biasanya ingin berhenti menggunakan perangkat sampai semua cacat diperbaiki.

4) Hindari membuntuti kabel listrik di atas sumber panas. Pemanas, kompor, pemanggang roti, atau peralatan serupa dapat dengan mudah membakar dan merusak lapisan pelindung luar pada kabel. Dan ini berpotensi menimbulkan kebakaran.

5) Pastikan untuk menjaga air bersih dari barang-barang listrik. Karena sangat berbahaya untuk menumpahkan cairan ke elektronik apa pun, Anda selalu ingin memastikan bahwa tangan kering jika menyentuh atau menggunakan apa pun yang mengandung listrik. Juga bijaksana untuk menghindari meletakkan segelas air dari barang serupa di atas peralatan listrik.

6) Waspada di luar rumah. Selain banyak situasi di mana Anda perlu berhati-hati di dalam rumah, Anda juga perlu mengambil tindakan pencegahan tertentu saat berada di luar. Jika misalnya Anda akan melakukan beberapa lansekap dan menggunakan penggali, Anda mungkin ingin menghubungi perusahaan listrik untuk memastikan bahwa tidak ada kabel bawah tanah di sekitar lokal. Anda ingin menghindari saluran listrik di atas kepala yang mungkin tersentuh dalam situasi menggunakan alat bergagang panjang atau membawa tangga. Juga, jika Anda bekerja di halaman belakang Anda ingin menghindari menggunakan alat-alat listrik termasuk mesin pemotong rumput setelah hujan baru-baru ini dan rumput masih basah.

Leave a Comment