Jacksen F Tiago Khawatirkan Dampak Penundaan Kompetisi Bagi Generasi Penerus

Jacksen F Tiago Bicara Persiapan Persipura Jayapura Hadapi Lanjutan Liga 1 2020

Jacksen F Tiago selaku pelatih Persipura Jayapura mengingatkan kembali bahwa generasi penerus akan turut terdampak pada penundaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini. 

Jika tidak segera ada solusinya, Jacksen F Tiago hawatir akan ada dampak jangka panjang yang mengancam prestasi sepak bola Indonesia. Karena itu, dia berharap kompetisi bisa segera bergulir tanpa ada penundaan lagi. 

Untuk informasi lengkapnya, simak berita bola indonesia menarik dibawah ini terkait kekhawatiran Jacksen F Tiago akan adanya dampak jangka panjang dari penundaan kompetisi bagi generasi penerus :

  1. Jacksen F Tiago Berharap Liga Bisa Berjalan Sesuai Rencana Yang Ada Saat Ini

Pelatih asal Brasil tersebut berharap agar liga bisa berjalan sesuai rencana yang ada saat ini. Jika tertunda lagi, yang rugi tidak hanya pihaknya di level Liga 1 dan Liga 2 saja. Namun, pesepak bola yang berada di kelompok umur 2007, 2006, 2005, 2004, dan 2003 juga akan mengalami kerugian besar akibat vakum kompetisi selama hampir 2 musim. 

Menurutnya, penundaan kompetisi tersebut tanpa disadari akan berimbas pada proses perkembangan generasi penerus. 

  1. Pemain Muda Harus Menunda Debutnya, Sementara Usia Mereka Terus Berjalan

Pemain – pemain muda yang mulai menjajaki karier profesionalnya pada musim 2019 lalu terpaksa harus menunda debutnya, sementara usia mereka terus berjalan. Akhirnya, tidak sedikit dari mereka yang melewati usia keemasan tanpa melakoni kompetisi sama sekali. Apalagi, perkembangan usia dini yang mandek total karena pembatasan kegiatan masyarakat. 

Dikhawatirkan nantinya akan terjadi semacam gap kualitas dalam pada sebuah generasi yang muara akhirnya pada prestasi tim nasional, terutama tim nasional kelompok usia yang memiliki batasan – batasan umur dan tahun kelahiran. 

  1. Timnas Indonesia Juga Dalam Beberapa Tahun Ke Depan Ikut Terancam

Dalam pandangan Jacksen F Tiago, timnas Indonesia juga dalam beberapa tahun ke depan ikut terancam. Contohnya, Garuda Select jilid III perlu melakukan banyak penyesuaian karena pandemi. 

Apalagi setelah program selesai pada akhir Mei lalu, dimana pemain tidak bisa mendapatkan program pembinaan lebih lanjut karena sepakbola Tanah Air sedang vakum. 

Mantan pelatih Barito Putera tersebut menuturkan bahwa Program Garuda Select Jilid III kemarin telah mengalami dampak tersebut dengan keterbatasan uji coba di Inggris. Apalagi, setelah mereka balik lagi ke Indonesia dan tidak bisa melanjutkan program pembinaan dibawah kepelatihan coach Dennis Wise dan Des Walker. 

Jacksen F Tiago berharap hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan untuk menggelar kembali kompetisi. 

  1. Ketua Umum PSSI Buka Suara Soal Kapan Liga 1 Musim 2021 Akan Bergulir

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamada Iriawan, akhirnya buka suara soal kapan Liga 1 musim 2021 akan bergulir kembali. 

Iriawan menyatakan bahwa pihak PSSI sudah meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk segera menyusun regulasi baru guna mendukung Liga 1 2021 sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. 

Berita bola indonesia, para pecinta sepakbola di Indonesia memang tengah mempertanyakan soal kepastian kapan Liga 1 2021 akan bergulir. Apalagi setelah PSSI memutuskan untuk menghentikan Liga 1 2020 – 2021, lantaran pihak Kepolisian tidak kunjung juga memberi izin. 

Sejauh ini kabar yang beredar bahwa Liga 1 2021 akan digelar pada bulan Agustus ini. Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan soal kebenaran kabar Liga 1 yang akan kickoff pada Agustus ini.

Leave a Comment