7 Resep Masakan Dengan Olahan Keju

Kumpulan Resep masakan kali ini akan membahas menu makanan yang memakai keju. Tidak semua orang menyukai keju dengan rasa yang asin. Namun, nyatanya bahan pelengkap tersebut banyak dikreasikan untuk berbagai jajanan maupun makanan berat.

1. Corndog Mozarella

Potong-potong tiga buah sosis dan keju mozzarella. Tusuk dengan tusuk sate. Masing-masing bagiannya menurut perbandingan 50 : 50.

Buat adonan dengan 250 gram tepung terigu, satu butir telur, dua sendok teh baking powder, 190 ml susu cair, sedikit garam dan gula, kemudian aduk rata. Adonan bisa dipindahkan ke wadah yang cukup besar.

Celupkan keju dan sosis ke dalamnya hingga terlumuri. Gulingkan di atas tepung roti dan goreng dengan minyak panas. Sajikan dengan saus tomat atau mayonnaise.

2. Bola Kentang Keju Lumer

Potong dua buah kentang dan rebus, kemudian kupas kulitnya. Hancurkan kentang dengan garpu, lalu aduk dengan seperempat sendok teh garam, gula, merica bubuk, penyedap rasa, satu sendok makan tepung terigu dan maizena. Potong-potong kecil sosis ayam, lalu masukkan ke dalamnya.

Ambil satu sendok makan adonan, lalu isi dengan potongan keju quick melt. Kocok satu butir telur dengan sejumput garam. Lumuri bola-bola kentang dengan telur dan gulingkan di atas tepung roti. Goreng sampai matang.

3. Corndog Cokelat

Buat adonan dengan lima sendok makan tepung terigu, dua sendok makan tepung maizena, satu sendok teh baling powder, dan gula. Masukkan satu butir telur dan 40 ml susu full cream. Aduk hingga adonan jadi.

Potong-potong keju quick melt. Tusuk perlahan dengan tusuk sate dan jangan sampai keju pecah. Lumuri keju dengan adonan dan gulingkan di atas tepung roti. Goreng sebentar dengan minyak panas.

Siapkan 100 gram cokelat yang telah dilelehkan. Lumuri corndog dengan lelehan cokelat.

4. Brulee Bomb

Potong kecil-kecil satu buah sosis dan bawang bombay. Cincang kasar satu siung bawang putih. Panaskan dua sendok margarin dengan api sedang.

Tumis potongan bawang bersama sosis, empat sendok makan tepung terigu, 250 ml susu full cream, aduk rata, kemudian masak sampai mengental. Tambahkan 85 gram keju cheddar parut, setengah sendok teh kaldu bubuk dan merica. Angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk.

Siapkan satu butir telur yang telah dikocok lepas. Ambil satu sendok makan adonan, kemudian isi dengan potongan keju mozzarella. Setelah itu, bulatkan dan celup ke dalam telur. Guling dengan tepung roti dan goreng hingga warna berubah menjadi kecokelatan.

5. Mini Spagethi Brulee Panggang

Iris-iris bawang putih dan bawang merah, kemudian potong kecil-kecil satu buah sosis ayam. Rebus 100 gram pasta spagethi. Beri sedikit minyak pada wajan, lalu tumis satu siung bawang putih yang telah dicincang. Masukkan potongan bawang bombay dan sosis.

Tambahkan 125 gram saus bolognese dan tiga sendok makan saus tomat, beri secukupnya oregano. Masak sampai mendidih dengan 100 ml air. Masukkan spagethi yang sudah direbus, lalu aduk rata sebentar.

Pindahkan spagethi ke wadah aluminum. Panaskan satu sendok makan minyak dan tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan 180 ml susu, 50 gram keju parut, setengah sendok teh lada bubuk, penyedap rasa, dan satu sendok makan tepung.

Tuang adonan ke atas spagethi yang telah berpindah wadah, lalu tambahkan keju mozzarella dan panggang. Waktu yang dibutuhkan adalah 15 menit dengan suhu di atas 180 cc. Setelah matang, taburi dengan origano. Resep masakan berbahan keju untuk hidangan kali ini, lebih enak jika disantap selagi panas.

6. Pizza Teflon

Tumis tiga buah sosis yang dipotong-potong dan seperempat buah bawang bombay, beserta potongan cabai merah besar yang dibuang bijinya. Buat saus dengan satu sendok makan saus tomat dan spagethi.

Buat dough dengan bahan setengah sendok teh ragi instan, 250 gram tepung terigu, dua sendok makan gula pasir, 90 ml air, satu butir telur, dan aduk rata semua bahan. Uleni dengan tangan dan tambahkan 50 gram margarin.

Olesi teflon dengan sedikit margarin, lalu pipihkan adonan dough. Tusuk-tusuk adonan dengan garpu, kemudian oleskan saus di atasnya. Tambahkan topping dan 50 gram mozzarella parut. Tutup dan diamkan selama 10 menit, lalu panggang selama 30 menit dengan api kecil.

7. Toast Keju

Siapkan keju milky soft, kemudian potong slice dengan benang supaya lebih mudah. Potong selembar roti tawar menjadi dua bagian.

Kocok dua butir telur dengan sejumput garam. Panaskan satu sendok makan margarin dan setelah teflon panas, tuangkan telur. Celupkan kedua sisi roti tawar, lalu letakkan di tengah. Setelah bagian bawahnya matang, balik perlahan. Lipat telur menjadi bentuk segi empat. Untuk menyempurnakan resep masakan ini, tambahkan keju dan mayonnaise secukupnya.

Itulah beberapa resep masakan dengan keju sebagai bahan pelengkapnya. Keju bisa dipakai sebagai topping atau dicampur dalam masakan, tinggal dikreasikan kembali sesuai selera.

Leave a Comment