5 Tips Mudah Agar Tidak Salah Memilih Buah Nanas

source gambar : tanihub.com

Nanas sering menjadi bahan untuk membuat hidangan tertentu baik itu makanan atau pun minuman. Misal saja hidangan khas lebaran ada yang sangat identik dengan nanas ini.

Buah nanas bisa dipakai untuk membuat isian selai kue nastar, sehingga menciptakan rasa manis dan juga gurih. Meski nanas merupakan buah yang sangat menarik, tidak jarang orang-orang sulit untuk mendapatkan nanas manis.

Rasanya pun menjadi kurang maksimal termasuk jika ingin dibikin menjadi kue. Untuk mengatasi hal seperti ini, akan ada tips menentukan mana nanas yang jelas-jelas manis.

  • Lihat dari warna buah nanas

Nanas dengan cita rasa manis tentunya didapatkan dari buah nanas yang matang. Agar bisa mengetahui apakah nanas yang dibeli itu matang atau belum, maka bisa coba memerhatikan seperti apa biji matanya.

Pada umumnya, buah nanas matang mempunyai biji mata dengan warna kuning kehijauan. Hindari memilih buah nanas berwarna terlalu hijau. Biasanya, warna buah nanas tersebut menandakan kalau kondisinya belum matang.

Tetapi hindari juga memilih buah nanas berwarna terlalu kuning, mungkin saja buah nanas tersebut yang terlalu matang.

  • Pilih nanas dengan biji mata lebar

Bagian biji mata ialah bagian kulit yang berbentuk layaknya belah ketupat. Ketika kalian ingin memilih nanas manis, maka cobalah pilih buah nanas dengan biji mata yang berukuran yang lebih besar.

Dari makin besar matanya, nanas dalam kulit dibiarkan matang alami. Rasa buah nanas yang diberikan cenderung lebih manis dibandingkan nanas yang matanya lebih kecil.

  • Cium aromanya

Tentunya mencium aroma buah merupakan salah satu metode yang paling seirng dilakukan banyak orang termasuk untuk buah nanas. Nanas yang memang sudah matang dengan rasa manis, maka akan berbau harum, karena nutrisi di dalam buah nanas tersebut.

Batang misal yang menjadi bagian buah nanas dengan harum yang cukup kuat. Maka dari itu, cium bagian ujung batang buah nanas tersebut.

Hindari membeli buah nanas yang tak mengeluarkan harum karena bisa saja rasanya asam.

  • Perhatikan kulit buah nanas

Ada tips selanjutnya jika ingin tepat memilih buah nanas manis yaitu dengan coba memperhatikan kulit buah nanas tersebut. Jika permukaan kulit buah nanas terlihat licin, dan juga segar, maka layak dibeli.

Pastikan juga buah nanas tersebut tidak bernoda agar lebih aman. Ciri seperti itu menandakan buah nanas telah matang dan bisa memberikan rasa manis. Tetapi ketika permukaan buah nanas layu dan kulitnya keriput, maka hindari membelinya.

Kulit buah nanas yang keriput dan layu menandakan nanas tersebut sudah sangat matang dan dapat saja mudah membusuk.

  • Kalau sudah terlanjur membeli, simpan buah nanas dengan benar

Kalian mungkin sudah terlanjur membeli nanas, tetapi rasanya kurang manis, maka cobalah simpan pada wadah misalnya seperti toples, tetapi dengan posisi yang terbalik. Lalu kemudian, diamkan kurang lebih 1-2 hari.

Dengan cara ini, maka bisa mengubah rasa buah nanas menjadi lebih manis dibandingkan rasa yang sebelumnya. Dengan adanya gravitasi, maka bisa menarik gula di bagian ujung batang. Rasa manis pun bisa merata nantinya.

Untuk mendapatkan buah nanas yang menyegarkan ini, maka bisa coba pesan lewat TaniHub. Tersedia buah nanas segar dan berkualitas pada platform TaniHub tersebut. Apa lagi TaniHub juga memiliki layanan hubungan akses pelanggan hingga 7 hari. Sehingga kalau ada pertanyaan dan bantuan, bisa langsung menghubungi.

Leave a Comment