5 Manfaat Rajin Mengonsumsi Jus Wortel untuk Kesehatan

Salah satu manfaat jus wortel yang terkenal adalah baik untuk kesehatan mata. Selain itu, ternyata masih banyak manfaat jus wortel lainnya. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan wortel. Jika biasanya wortel dimasak menjadi sup, tumis, atau pelengkap bakwan, tidak ada salahnya Kamu mencoba membuatnya sebagai jus. Tentu saja, akan ada banyak manfaat dari jus wortel jika dikonsumsi secara rutin.

Sayur berwarna oranye ini, dikenal kaya akan serat dan vitamin A yang bagus untuk mata. Dikutip melalui Medical News Today, berikut ini adalah penjelasan terkait manfaat jus wortel bagi kesehatan. Coba bikin di rumah, yuk!

Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan

Jus wortel memiliki gizi yang tinggi, di dalamnya terkandung kalium, beberapa karotenoid, dan vitamin A, C, serta K. Wortel juga memiliki gula alami, sehingga jus wortel menjadi favorit bagi beberapa orang untuk dikonsumsi di pagi hari. Yuk simak manfaat jus wortel untuk kesehatan di bawah ini.

  1. Vitamin A Booster

Manfaat jus wortel yang pertama adalah sebagai vitamin A booster. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A banyak terkandung di buah dan sayuran yang berwarna merah dan oranye, seperti wortel, jeruk, dan labu.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dan kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yang merupakan sejenis kehilangan penglihatan.

Tidak hanya untuk kesehatan penglihatan saja, vitamin A juga bagus untuk menjaga imun agar badan tetap sehat.

Melansir NDTV Food, kekurangan vitamin A akan mempercepat penuaan mata, sehingga mudah menderita rabun senja.

2. Sebagai Anti Kanker

Manfaat jus wortel yang selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Karotenoid yang ada dalam wortel juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh kita, lho! Selain itu, karotenoid juga berperan dalam memperlambat proses penuaan.

Mengonsumsi sumber kaya antioksidan diperlukan untuk kesehatan yang baik karena membantu membersihkan racun dari tubuh, dan dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Mengutip Healthline, lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh karotenoid yang terkandung dalam wortel dan sangat berperan dalam pencegahan berbagai jenis kanker dalam tubuh.

3. Menjaga Imunitas

Manfaat jus wortel yang selanjutnya adalah menjaga imunitas. Karena tidak dimasak dan disajikan dalam keadaan fresh, semua nutrisi pentingn dalam wortel akan didapatkan oleh tubuh saat mengonsumsi jus wortel.

Minum segelas sehari dikatakan bekerja secara optimal dalam meningkatkan kekebalan tubuh, lho!

Selain membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas, wortel juga memberi perlindungan dari bberbagai bakteri berbahaya, virus, dan peradangan.

Jus wortel juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti B6, K, kalium, fosfor, dan masih banyak lagi, yang berkontribusi pada kesehatan tulang, memperkuat sistem saraf dan meningkatkan kekuatan otak.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jus wortel yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Kehadiran antioksidan dan mineral esensial seperti potasium dalam wortel, berkontribusi dalam mencegah degradasi sel, sehingga menjaga kulit para Kamu tetap sehat dan awet muda.

Melansir Eating Well, karotenoid dalam wortel juga mengandung retinol, biotin, dan lycopene yang dapat berperan sebagai “tameng kulit.” Alhasil, kulit akan lebih sehat dan glowing ketika rain mengonsumsi wortel.

Nutrisi dari wortel juga melindungi kulit dari kekeringan, memperbaiki warna kulit, dan mengurangi bekas luka dan noda. Inilah, mengapa kita sering menemukan wortel digunakan dalam pengobatan rumah alami untuk kecantikan.

5. Menjaga Kolestrol dan Gula Darah

Manfaat jus wortel yang selanjutnya adalah menjaga kolesterol dan gula darah. Jus wortel juga berperan penting menjaga kadar kolesterol dan gula darah, berkat kandungan kaliumnya. Rendah kalori, serta kandungan gula, vitamin dan mineral penting yang ada di dalamnya secara aktif bekerja untuk mencegah diabetes.

Kandungan dalam wortel tersebut juga meningkatkan sekresi empedu, sehingga efektif membantu membakar lemak yang cocok untuk penurunan berat badan.

Untuk konsumsinya sendiri, Kamu bisa mengikuti saran ahli yaitu sebagai minuman sebelum atau sesudah latihan untuk meningkatkan nutrisi.

Nah, itu tadi beragam manfaat jus wortel yang baik untuk kesehatan. Setelah tahu, pasti jadi ingin segera membuatnya di rumah, bukan? Jangan lupa ikuti berbagai resep jus wortel yang mudah dan enak.

Untuk mendapatkan wortel aneka jenis tersebut Kamu dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian wortel yang lengkap, di platform ini Kamu juga akan mendapatkan wortel dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin wortel yang akan Kamu terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

Leave a Comment